cover
Contact Name
Natalia Rosalina Rawa
Contact Email
nataliarosalinarawa@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jipcb@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : 23555106     EISSN : 26206641     DOI : https://doi.org/10.38048/jipcb
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini, pendidikan luar biasa.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2019)" : 10 Documents clear
PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD Natalia Rosalina Rawa; Maria Yunsiana Ninu; Yosefina Uge Lawe
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.714 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan model inquiry learning dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung pada kelas IV SDI Malanuza kecamatan golewa kabupaten ngada tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan penelitian Non Equivalent Kontrol Group pre-test- post test Design”.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Malanuza yang berjumlah 25 orang untuk kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model Inquiry Learning dan 25 orang untuk kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung yang diambil secara random dengan teknik sampelnya intac group. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Uji hipotesis menggunakan uji t. Sebelum menghitung uji t, terlebih dahulu dicari nilai Gain Score dinormalisasi (GSn). Dari perhitungan tersebut diperoleh rata-rata hasil belajar matematika,yakni rata-rata hasil belajar matematika kelompok eksperimen lebih besar dari rata-rata hasil belajar Matematika kelompok kontrol 0,41> 0,30. Hasil uji t diperoleh t-hitung = 2,941> t-tabel = 2,021 derajat kebebasan (db) n1+n2 – 2= 48 dengan taraf signifikan 5 % (α=0,05) maka t-hitung > t-tabel Hal ini menujukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenaranya dimana terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matemtika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Inquiry Learning dengan kelompok siswa yang menggunkan model pembelajaran langsung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Inquiry Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDI Malanuza Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada tahun ajaran 2017/2018
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD Yosefina Uge Lawe; Marselina Pau
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan tentang hasil belajar IPA antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional pada siswa kelas IV SDI Malanuza. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa SDI Malanuza yang berjumlah 126 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas IVA sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 21 orang dan siswa kelas IVB sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 24 orang yang di ambil dengan teknik intac group terhadap kelas. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif yang terdiri dari 15 soal. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial dengan uji-t. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t-hitung 5.11, karena n1≠n2 dan homogen maka t-tabel dengan db= n1+n2-2=43 dengan taraf signifikan 5% (α= 0,05) adalah 2.042. Maka t-hitung 5.311>t-tabel = 2.042 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar menggunakan model kontekstual dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Dari rata-rata hitung diketahui bahwa rata-rata hitung kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol 87.90>67.95). Dengan demikian disimpulkan bahwa model kontekstual berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA KOPERASI SEKOLAH MENENGAH ATAS BERBASIS WEB I Nyoman Suraja Antarajaya
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB)

Abstract

Koperasi SMA PGRI 1 Amlapura merupakan koperasi sekolah yang kegiatan utamanya melaksanakan penjualan kebutuhan para siswa, guru, pegawai, dan yayasan. Berdasarkan analisa terhadap data yang dikumpulkan dan informasi yang diperoleh, maka diperlukan adanya suatu sistem informasi penjualan pada koperasi SMA PGRI 1 Amlapura. Proses pencatatan transaksi penjualan secara tunai pada koperasi SMA PGRI 1 Amlapura masih menggunakan kertas daftar setoran penjualan harian dan menghabiskan banyak kertas untuk melakukan proses pencatatan transaksi penjualan secara tunai. Penjualan secara kredit dicatat menggunakan buku piutang yang dibuat dengan buku tulis yang masing-masing berisi nama guru, pegawai, dan yayasan, hal ini juga menghabiskan banyak buku tulis dan rentan terjadi kerusakan sehingga keamanan data kurang terjamin. Keterbatasan fisik yang dimiliki oleh sumber daya manusia pada koperasi juga mengakibatkan terjadinya kesalahan (human error) yang berdampak terhadap proses perhitungan, pencatatan, dan pembuatan laporan penjualan koperasi. Tujuan penelitian ini untuk membuat rancangan sistem informasi penjualan pada koperasi SMA PGRI 1 Amlapura dan untuk mengimplementasikan sistem informasi penjualan pada koperasi SMA PGRI 1 Amlapura. Sistem informasi penjualan pada koperasi ini dibuat dengan menggunakan metode waterfall dan bahasa pemrograman PHP serta basis data MySQL. Perancangan sistem informasi penjualan pada koperasi dibuat dengan diagram konteks dan data flow diagram (DFD). Sistem informasi penjualan pada koperasi SMA PGRI 1 Amlapura memiliki beberapa fitur seperti sistem pengelola data barang, anggota koperasi, transaksi penjualan tunai dan kredit, serta menghasilkan laporan penjualan secara tunai dan ketersediaan barang. Hasil dari pembuatan sistem informasi penjualan pada koperasi SMA PGRI 1 Amlapura dapat mempermudah dalam mengelola, mencatat, dan menghitung penjualan secara tunai maupun kredit yang terjadi di koperasi, sehingga data yang dihasilkan lebih akurat serta keamanan data lebih terjamin.
PERANCANGAN APLIKASI PENCATATAN PUNGUTAN MASYARAKAT BERBASIS WEB PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS I Nyoman Suraja Antarajaya
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat tentu saja sangat memberikan dampak yang positif, mengingat segala sesuatu yang dilakukan manusia akan semakin mudah dengan adanya perkembangan teknologi informasi. Salah satu perkembangan teknologi informasi yang sampai saat ini banyak diminati adalah teknologi komputer. Hasil penelitian yang telah dilakukan, Sistem pencatatan Pungutan Masyarakat di SMA Negeri 3 Amlapura masih dilakukan secara manual baik dalam hal transaksi maupun pembuatan laporan. Sehingga memperlambat di dalam proses pembayaran, pencatatan dan pembuatan laporan. Hal ini menyebabkan proses – proses yang terkait dengan pembayaran pungutan Masyarakat belum berjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi yang mendukung sistem basis data agar pengolahan pencatatan Pungutan Masyarakat lebih efektif dan efisien. Aplikasi ini dirancang dan dibangun menggunakan Adobe dreamweaver, MySQL dan menggunakan alat bantu pengembangan sistem yaitu Data Flow Diagram (DFD) dan Diagram Konteks. Penelitian ini juga menggunakan metode waterfall dan metode pengujian sistemnya menggunakan metode blackbox. Dengan aplikasi yang telah dibangun diharapkan akan mudah dalam pencarian data, memberikan informasi yang lengkap, cepat, akurat dan mempermudah pengaksesan data dan informasi
AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA SEKOLAH DASAR Wilfridus Muga; Inosensia Kale
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran tematik dengan menerapkan model pemebelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Kognitif siswa kelas V SD pada mata pelajaran tematik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kurt Lewin yang terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Rutosoro dengan subyek penelitian 18 orang siswa kelas V SDI Rutosoro. Data tentang aktivitas belajar tematik diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan data tentang hasil belajar kognitif diperoleh dengan menggunakan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh aktivitas belajar tematik dengan rata- rata 10,78 pada kategori tidak aktif dan persentase 43,12%, sedangkan pada siklus II aktivitas belajar tematik rata-rata 20,45 pada kategori sangat aktif dengan persentase 81,8%. Hasil belajar tematik siklus I rata-rata 67,67 kategori rendah persentase 67,67% dengan ketuntasan klasikal 66,67%, sedangkan pada siklus II hasil belajar tematik rata- rata 86,83 pada kategori sangat baik, persentase 86,83% dengan ketuntasan klasikal 100%.
EUFEMISME SEBAGAI ALTERNATIF KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN DI KELAS Jefrey Oxianus Sabarua
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.778 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji eufemisme dalam kaitannya dengan kesantunan berbahasa guru pada interaksi pembelajaran di kelas. Adapun metode yang digunankan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, yang mengkaji fenomena berbahasa dalam interaksi pembelajaran menggunakan pendekatan sosiolinguistik yang meliputi teori tindak tutur, kesantunan berbahasa dan eufemisme, serta berbagai riset lainnya terkait topik dimaksud. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa eufemisme dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meredam aktivitas berbicara atau berbahasa guru yang bernuansa kekerasan, rasis, pelecehan, maupun ungkapan-ungkapan yang tidak menyenangkan sehingga dapat menimbulkan dampak yang negatif bagi perkembangan siswa didiknya. Hal lain yang ditemukan dalam kajian ini adalah bentuk – bentuk eufimisme yang dapat digunakan guru berdasarkan berbagai bidang bahasa yang meliputi; eufemisme yang berhubunugan dengan kematian, eufemisme yang berhubungan dengan seks, eufemisme yang berhubungan dengan penyakit dan cacat tubuh, eufemisme yang berhubungan dengan pengeluaran kotoran badan, eufemisme yang berhubungan dengan kenyataan social yang dianggap sebagai sesuatu yang buruk, eufemisme yang berhubungan dengan nasib yang tidak menyenangkan, eufemisme yang berhubungan dengan sifat yang jelek, dan eufemisme yang berhubungan dengan hal yang dapat menimbulkan bahaya. Dengan demikian, melalui kajian ini, diharapkan agar guru dapat mempelajari kajian ini agar hal-hal negatif terkait dengan perilaku berbahasa di dalam kelas dapat diminimalisir hingga berangsur hilang.
PENGEMBANGAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MODEL TUTORIAL TENTANG DESAIN WEB STATIS UNTUK SISWA SMK Komang Anik Sugiani
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media CAI model tutorial tentang desain web statis, yang memenuhi syarat valid dari aspek (1) isi bidang studi, (2) desain pembelajaran, (3) media pembelajaran, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, dan (6) uji coba lapangan. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model Hannafin dan Peck. Validasi produk media dilakukan melalui tahap review ahli isi bidang studi, review ahli desain pembelajaran, review ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian terhadap produk media CAI model tutorial antara lain: (1) ditinjau dari aspek isi bidang studi, produk media CAI model tutorial memperoleh kualifikasi sangat baik dengan perolehan skor 94%; (2) ditinjau dari aspek desain pembelajaran, produk media CAI model tutorial memperoleh kualifikasi sangat baik dengan perolehan skor 95%; (3) ditinjau dari aspek media pembelajaran, produk media CAI model tutorial memperoleh kualifikasi sangat baik dengan perolehan skor 91%; (4) ditinjau dari aspek uji coba perorangan, produk media CAI model tutorial memperoleh kualifikasi sangat baik dengan perolehan skor 94%; (5) ditinjau dari aspek uji coba kelompok kecil, produk media CAI model tutorial memperoleh kualifikasi sangat baik dengan perolehan skor 93%; dan (6) ditinjau dari aspek uji coba lapangan, produk media CAI model tutorial memperoleh kualifikasi sangat baik dengan perolehan skor 94%. Hasil tersebut menunjukkan produk media CAI model tutorial tentang desain web statis memiliki tingkat validitas yang sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran desain web.
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK GANESHA GURU BERBASIS WEBSITE Anak Agung Ngurah Adhi Jaya
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB)

Abstract

Sistem Informasi Perpustakaan Politeknik Ganesha Guru adalah suatu sistem yang dibangun untuk mengolah data-data perpustakaan, sistem ini sangat efektif karena dirancang untuk memberikan pelayanan berupa informasi tentang buku-buku yang tersedia beserta isinya, sehingga petugas dan anggota dapat mengetahui / mencari buku dengan mudah dan cepat. Penelitian ini dilaksanakan pada perpustakaan Politeknik Ganesha Guru di Jl.Teuku Umar Barat no 27 Denpasar. Selama ini, perpustakaan Politeknik Ganesha Guru masih menggunakan sistem katalog manual yang berbentuk buku dan kartu-kartu yang berisi data-data buku. Sistem ini sudah tidak efisien lagi mengingat pesatnya peningkatan jumlah buku. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem berbasis web untuk membantu proses data buku perpustakaan dengan pemanfaatan framework codeigniter. Sistem informasi ini memiliki beberapa fitur yang menunjang proses manajemen data perpustakaan, seperti Input Anggota, Input Buku dan Form Transaksi. Hasil dari pembangunan sistem informasi perpustakaan ini akan mempermudah proses pengolahan data Buku dan anggota dengan lebih maksimal serta praktis, karena semua data sudah saling terintegrasi.
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV Ismi Danic; I Gusti Ngurah Japa; Komang Sujendra Diputra
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus XII Kecamatan Buleleng dengan jumlah 224 siswa. Dengan teknik random sampling, sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Banyuasri yang berjumlah 36 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Banyuasri yang berjumlah 38 orang. Data kemampuan pemecahan masalah Matematika dikumpulkan menggunakan tes uraian yang berjumlah 10 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai = 5,68 lebih besar dari = 1,99 yang diuji pada taraf signifikan 5% dengan dk = 72. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis open-ended dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis open-ended. Hasil penelitian menunjukkan mean kelompok eksperimen yaitu sebesar 77 lebih besar dari mean kelompok kontrol yaitu 56. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis open-ended berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV di SD Gugus XII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.
A STUDY ON THE CODE SWITCHING IN CONVERSATIONS BETWEEN THE SECOND YEARS STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL Maria Desidaria Noge
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 6 No 1 (2019)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.272 KB)

Abstract

This research aimed at finding out: (1) whether the students use code switching in conversations; (2) the types of code switching used in conversations between the second year students of Junior High School; (3) the reasons why the students switch their language during the conversations. This research used descriptive method. Subject of the research was the second year students of SMPS Yos Soedarso Jerebuu. The result of this research was: (1) the students used the code switching in conversations (2) two types of code switching occurred during the conversation, there were: Intra-sentential Switching (IntraS) which is which occurred 7 times and Inter-sentential Switching (IntrS) which is the most frequently used (8 times) by the students during the English conversation, and (3) the reasons of students switched his or her language were: talking about particular topic which occurred 2 times, being emphatic about something which occurred 5 times, intention of clarifying the speech content for interlocutor which occurred 5 times, to soften or strengthen request or command which occurred once and because of lexical needs which occurred 4 times.

Page 1 of 1 | Total Record : 10